SOAL UJIAN UNIVERSITAS
TERBUKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(FKIP)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)
Soal TAP ( Tugas Akhir Program )
Kasus Pak Sartono – IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Tata Surya
PDGK4500
M U L Y A D
I
NIM. 856440652
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
Kasus Pak Sartono – IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Tata Surya
Pak Sartono mengajar di kelas 6 SD
Setiabakti. Suatu
pagi, Pak Sartono masuk kelas dengan membawa
sebuah globe. Perhatian anak-anak tertuju kepada globe tersebut, namun Pak
Sartono hanya meletakkan globe
itu di
depan kelas.
Setelah mengucapkan salam dan menanyakan siapa yang tidak
hadir, Pak Sartono
menyampaikan bahwa hari ini, dalam pelajaran IPA
akan dibahas tata surya
dengan topik terjadinya siang dan malam. Pak Sartono
juga
menyampaikan bahwa setelah pelajaran
usai, anak-anak diharapkan dapat menjelaskan tentang terjadinya
siang dan malam.
Tanpa memberi kesempatan bertanya, Pak Sartono melanjutkan pertanyaan.
Sambil berdiri di
depan kelas, Pak Sartono
menjelaskan terjadinya
siang dan malam.
Anak- anak
melihat ke Pak Sartono dengan muka
penuh tanda tanya. Dengan lancar Pak Sartono
menjelaskan bahwa siang dan matam teoadi karena bumi berputar pada
porosnya sendiri. Anak-anak
kelihatan mulai bosan, mereka
seperti masih
menunggu Pak Sartono menggunakan globe yang dipajang di
depan kelas, namun sampai penjelasan berakhir, globe itu
tidak pemah disentuh.
Setelah penjelasan
selesai, Pak Sartono memberi kesempatan kepada
anak-anak
untuk
bertanya. Namun, tidak ada yang bertanya. Pak Sartono
kemudian meminta anak-anak mengeluarkan buku latihan, dan mcngerjakan soal
yang terdiri
dari 10 pertanyaan yang ditulis di
papan tulis.
Ketika
anak-anak bekerja, Pak Sartono keluar kelas.
Anak-anak kelihatan bingung karena tidak mengerti
bagaimana harus menjawab soal tersebut. Mereka akhimya membuka
buku
IPA dan mencoba mencari
jawabannya di sana. Namun, banyak anak yang malas membaca sehingga mereka
sama
sekali tidak menjawab.
Ketika Pak Sartono
masuk kelas
dan
bertanya apakah anak-anak
sudah selesai mengerjakan
soal tersebut, ia menjadi marah
karena temyata
hanya 5 orang dari 30 orang anak
yang selesai
mengerjakan soal tersebut. Anak yang lima
orang tersebut
hanya menyalin dari buku IPA, tanpa meyakini apakah jawabannya benar atau salah,
sedangkan anak-anak
yang lain mengatakan
tidak bisa menjawab
pertanyaan tersebut karena tidak mengerti. Pak Sartono terdiam,
ia
sangat marah dan kecewa, tetapi mencoba
menahan amarahnya.
Ia meminta anak-anak beristirahat. Pak Sartono tinggal
sendiri
di dalam kelas. Ia
mencoba mengingat apa yang terjadi di kelasnya.
Pertanyaan :
1.
ldentifikasi empat peristiwa penting
yang terjadi dalam
kasus pembelajaran yang dikelola oleh Pak Sartono, yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah.
2.
Jika
Anda yang menjadi Pak
Sartono, bagaimana cara
Anda mengatasi masalah
gagalnya anak-anak menjawab pertanyaan Pak Sartono?
Susunlah satu rencana perbaikan
melalui penelitian tindakan kelas
(PTK). Rencana tersebut mencakup
:
a. Identikasi masalah
b. Analisis Masalah
(maksimal
4 butir). c. Rumusan Masalah
d. Tujuan Perbaikan.
e. Langkah-langkah perbaikan
f. Untuk langkah-langkah perbaikan, kembangkan prosedur pembelajaran
yang ditempuh yang meliputi
kegialan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Rambu
Jawaban
1. Peristiwa
penting yang dapat mengakibatkan timbulnya
masalah.
1) Pada awal pelajaran tidak ada
tanya jawab
tentang topik yang akan
dibahas.
2) Topik yang akan dibahas
tidak dikaitkan dengan
kehidupan sehari-hari.
3) Tidak menggunakan alat
peraga
misalnya globe, ketika
menjelaskan hanya dipajang saja.
4) Tldak memberi
contoh atau ilustrasi.
5) Tidak memeriksa pemahaman siswa setelah
menjelaskan.
6) Tidak memberikan petunjuk yang jelas ketika siswa diberi latihan
7) Tldak
melakukan pengelolaan
kelas mlsalnya melakukan supervisi saat siswa mengerjakan latihan
2.
Rencana Perbalkan ldentifikasi
Masalah
:
a. Pembelajaran
Pak Sartono kurang berhasil
b. Hanya
5 dari 30 anak yang selesai mengeriakan soal, sisanya mengatakan tidak
dapat
menjawab soal tersebut.
Analisis Masalah
a. Guru tidak
menggunakan alat peraga b. Penjelasan terlampau abstrak
c. Tidak ada tanya
jawab, baik pada kegiatan awal, maupun kegiatan
inti
d. Siswa hanya menjadi pendengar
pasif
e. Topik tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari f.
Tidak memeriksa pemahaman
siswa
g. Tldak memberikan
petunjuk sebelum siswa
berlatih
h. Tidak memantau kegiatan yang dilakukan siswa
ketika
berlatih
Rumusan Masalah
Bagaimana cara
meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik
tata surya datam hal ini terjadinya
siang dan matam
melalui :
a. Penggunaan alat peraga, atau b. Diskusi kelompok, atau
c. Metode
demonstrasi, atau d. Eksperimen
Tujuan Perbaikan
Meningkalkan kinerja guru
sehingga meningkatkan
pemahaman siswa terhadap topik tata surya melalui :
a. Penggunaan alat peraga, atau b. Diskusi
kelompok, atau
c. Metode
demonstrasi, atau
d. Eksperimen
Langkah Kegiatan Perbaikan
Kegiatan Awal :
a. Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Menyampaikan kegiatan
yang akan dilakukan
c. Apersepsi : mengajukan pertanyaan, mengaitkan materi
dengan pelajaran
sebelumnya atau pengalaman siswa sehari-hari
d. Memberikan pre-test
Kegiatan Inti :
a. Dengan bantuan anak, guru
mendemonstrasikan terjadinya siang dan malam dengan
menggunakan globe dan lampu
senter.
b. Selama peragaan, guru
melakukan tanya jawab
(untuk mengonkretkan terjadinya
siang
dan
malam, serta mengaktifkan anak)
Atau
a. Guru
membagi siswa
dalam kelompok dan menjelaskan yang harus
dilaksanakan.
b. Secara
berkelompok, anak-anak memperagakan
terjadinya siang dan malam dengan
menggunakan bola dan lampu senter yang dibawa oleh
masing-masing kelompok (untuk
memantapkan pemahaman
siswa, atau
melatih kerja sama.
c. Setiap kelompok memberi laporan tentang hasil kerja kelompoknya
(untuk berbagi pengalaman
dengan kelompok
lain)
Kegiatan Penutup
:
a. Memberikan tes
tertulis dan membahas
hasil tes dan memberikan balikan, atau
b. Siswa
dengan bimbingan guru
menyimpulkan materi
yang telah dibahas, atau
c. Siswa dengan bimbingan guru membuat
rangkuman materi yang telah dibahas.
Komentar
Posting Komentar