UAS Sistem Informasi Manajemen
TUGAS
UJIAN AKHIR SEMESTER
(UAS)
Oleh :
Nama
: MULYADI
NIM : 1931032
Mata
Kuliah : Manajemen Sistem
Informasi
Dosen : Dr. Edi Surya Negara, M.
Kom
PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN
FAKULTAS BISNIS
INSTITUT BISNIS DAN TEKNOLOGI PELITA INDONESIA
Tahun
2020
Ujian Akhir Semester (UAS)
Mata Kuliah Manajemen Sistem
Informasi
1. Buatlah sebuah artikel yang menjelaskan tentang pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Sistem Informasi dari sisi Pengolahan Data, Infrastuktur Jaringan
Komputer, dan Keamanan Jaringan Komputer di organisasi/instansi/perusahaan atau
pemanfaatan TI/SI secara personal yang digunakan dalam proses peningkatan
keunggulan kompetitif organisasi bapak ibu sekalian!
Jawab :
Kemajuan
teknologi informasi merupakan sebuah kenyataan kemajuan peradaban dunia yang
memberikan banyak akses bagi terjadinya perubahan pola kehidupan masyarakat
dalam berbagai bidang. Hal ini, turut memicu bagi upaya-upaya perubahan dalam
sistem pendidikan. Yakni upaya untuk melepaskan dunia pendidikan dari
kungkungan model pembelajaran konvensional yang cenderung memaksa anak didik
untuk mengikuti pembelajaran yang semakin hari semakin tidak menarik dan
membosankan. Dunia pendidikan senantiasa dituntut untuk terus-menerus mengikuti
alur perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian berkembang pesat,
karena pendidikan yang tetap berkutat pada instruksional kurikulum yang kaku
hanya akan menjadikan peserta didik gagap terhadap realita kemajuan teknologi
yang semakin tak terbendung. Dengan pemanfaatan teknologi informasi di dalam
dunia pendidikan, diharapkan akan mampu menggeser sifat pendidikan yang
cenderung introvet (tertutup) menjadi ekstrovet (terbuka) dan lebih proaktif,
sehingga akan semakin memberdayakan proses belajar mengajar menjadi lebih
kreatif dan kompetitif.
Demikian juga
SD Negeri 008 Angkasa sebagai salah satu lembaga pendidikan milik pemerintah
yang berada di Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau
juga memanfaatkan hal tersebut untuk memudahkan kinerja juga penyampaian
laporan secara daring ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui dapodik.
Selain itu dengan adanya penerapan kurikulum nasional tahun 2013 maka
pengolahan nilai dilakukan dengan komputerisasi dan rapor cetak rapor
menggunakan printer. Selanjutnya untuk urusan administrasi sudah memanfaatkan
komputer untuk memudahkan kinerja dalam hal surat-menyurat dan administrasi
lainnya.
Pelaporan
data sekolah melalui aplikasi Dapodik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
dikerjakan oleh salah satu staf operator sekolah yang telah ditunjuk oleh
kepala sekolah dan mempunyai keterampilan dibidang data tentang dapodik.
Pelaporan tersebut dilakukan secara berkala sesuai denga kebutuhan. Data yang
ada di sekolah diinput oleh operator sekolah dalam aplikasi dapodik selanjutnya
disinkronisasi data tersebut. Data itu berupa data siswa, data sarana dan
prasarana, data guru, data penilaian dan sebagainya. Laporan pada dapodik
dimanfaatkan oleh pemerintah dalam rangka penetapan dana BOS untuk sekolah,
daftar peserta ujian, dan usulan pembangunan.
Penggunaan komputer oleh guru
selain yang berkaitan dengan penilaian juga dalam persiapan pembelajaran dan
proses pembelajaran. Persiapan pembelajaran berupa penyiapan dokumen
administrasi pembelajaran guru yang berupa : program tahunan, program semester,
penentuan KKM, penyusunan silabus, dan pembuatan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP). Beberapa guru memang menyusun sendiri perangkat tersebut
dengan berpedoman pada kurikulum dan buku guru serta buku siswa, tetapi
sebagian lagi mengadopsi peangkat pembelajaran yang dicari melalui internet
serta memodifikasinya dengan menyesuaikan kondisi sekolah dan kondisi siswa
yang diajarkan. Sebagaimana kita ketahui, untuk perangkat pembelajaran dengan
mudah dapat kita cari dari internet melalui browser pencarian dan
mendownloadnya. Hal itu tidak menjadi masalah selama guru tersebut mampu mengaplikasikannya
dalam pembelajaran serta menyesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing.
Untuk memfasilasi guru dalam penyiapan perangkat pembelajaran dan administrasi
pembelajaran tersebut pihak sekolah selalu menyediakan sarana pendukung berupa
laptop, printer, kertas, tinta, kertas jilid dan sebagainya.
Penggunaan teknologi informasi
dalam pembelajaran dilakukan sebagai media pembelajaran. Beberapa guru
menyiapkan media pembelajaran berupa slide power point dan menayangkannya dalam
pembelajaran dengan mempergunakan proyektor. Selain slide power point pemanfaatan media dapat
berupa video, grafik, dan lain-lain. Untuk mendukung hal tersebut pihak sekolah
telah menyediakan beberapa proyektor bagi guru yang akan memberikan pelajaran
pada muridnya dengan menggunakan alat tersebut.
Pihak sekolah yang setiap hari
bekerja dengan komputer adalah bagian tata usaha. Bagian tata usaha yang
berkutat kegiatannya dengan surat-menyurat dan administrasi tidak akan maksimal
kinerjanya tanpa bantuan komputer. Banyak data-data yang harus diolah dan
dicetak dengan komputer. Sebenarnya sudah selayaknya sekolah mempunya server
sendiri untuk mendukung kerja di sekolah dan pengembangan sekolah dengan
mengelola blog ataupun website sendiri. Tetapi hal itu dibutuhkan biaya yang
besar serta sarana pendukung yang memadai.
Untuk
kendala yang kami hadapi adalah masih kurangnya skill dari guru dan pegawai di
SD Negeri 008 Angkasa dalam bidang komputer. Hal itu membuat beberapa pekerjaan
yang diharuskan menggunakan komputer menjadi lambat pengerjaannya. Usaha untuk
mengatasi hal tersebut sudah dilakukan dengan memberikan pelatihan dasar
komputer. Namun karena faktor usia guru-guru yang sebagian besar sudah berusia
di atas 40 tahun maka hal itu sampai kini belum efektif. Kendala lain di sekolah
kami adalah susahnya jaringan internet. Provider yang menyediakan layanan
internet yang sampai di sekolah kami hanyalah
Komentar
Posting Komentar